Mahasiswa STIT Rakeyan Santang Gelar Seminar Untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini di Karawang



The Karawang Post - Karawang | Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Rakeyan Santang Karawang menggelar Seminar Pendidikan dan Ekonomi di Aula Kantor Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, pada Senin (2/9/2024). Seminar ini dimoderatori oleh Linawati, mahasiswa STIT Rakeyan Santang Karawang, dan dihadiri oleh berbagai kalangan akademisi dan praktisi ekonomi.

Seminar ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang telah diadakan di tiga kecamatan, yaitu Klari, Kotabaru, dan Rengasdengklok. Tujuannya adalah untuk menciptakan proses belajar mengajar yang harmonis dan efektif bagi anak-anak di PAUD dan kelas awal SD. Program "Transisi PAUD ke SD" ini diharapkan dirancang dengan cara yang positif dan menyenangkan, di mana anak-anak belajar secara aktif.

Dalam seminar tersebut, hadir sebagai narasumber adalah Ketua Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) STIT Rakeyan Santang Karawang, Dr. Devi Sulaeman, M.Pd., dan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Singaperbangsa Karawang, H. Anwar Musadad, SE., MM. Kedua narasumber tersebut menyampaikan pandangan dan gagasan terkait pendidikan dan ekonomi yang relevan dengan kondisi saat ini.

Dr. Devi Sulaeman, M.Pd., menjelaskan tiga target utama yang ingin dicapai melalui kegiatan ini. Pertama, menghilangkan tes Calistung (membaca, menulis, dan berhitung) dari proses penerimaan peserta didik baru di SD. Kedua, menerapkan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) selama dua minggu pertama bagi peserta didik di PAUD dan SD. Ketiga, menerapkan metode pembelajaran yang membangun enam kemampuan pondasi anak di PAUD dan SD.

"Yang pertama adalah mengenal nilai agama dan budi pekerti. Yang kedua, keterampilan sosial dan bahasa untuk berinteraksi. Ketiga, kematangan emosi untuk berkegiatan di lingkungan belajar, serta pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri untuk berpartisipasi di lingkungan belajar," jelas Dr. Devi. 

"Semua ini harus menjadi proses yang menyenangkan dan positif bagi anak-anak." Tambah Dr. Devi.

Dengan adanya seminar ini, diharapkan akan tercipta pemahaman yang lebih baik mengenai pentingnya pendidikan yang tidak hanya berfokus pada kemampuan akademik, tetapi juga pada pembentukan karakter dan kemampuan dasar anak. 

Seminar ini juga menjadi bagian dari upaya para mahasiswa untuk berkontribusi dalam pembangunan pendidikan dan ekonomi di Kabupaten Karawang.


Reporter : Oya

0 Komentar

© Copyright 2022 - THE KARAWANG POST