Tiga Menteri dan Tiga Kepala Badan Resmi Dilantik, Jokowi Perkuat Kabinet Indonesia Maju



The Karawang  Post - Jakarta |  Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik tujuh pejabat baru di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, pada Senin, 19 Agustus 2024. Pelantikan yang dimulai pada pukul 09.30 WIB ini menjadi bagian dari perombakan Kabinet Indonesia Maju yang dilakukan oleh Jokowi.

Dalam pelantikan tersebut, Presiden Jokowi melantik tiga menteri, satu wakil menteri, dan tiga kepala badan yang akan menduduki jabatan strategis dalam pemerintahan. Berikut adalah daftar pejabat yang dilantik:

1. Supratman Andi Agtas sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI.
2. Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).
3. Rosan Roeslani sebagai Menteri Investasi.
4. Angga Raka Prabowo sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo).
5. Prof. Dadan Hindayana sebagai Kepala Badan Gizi Nasional.
6. Hasan Nasbi sebagai Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan.
7. Taruna Ikrar sebagai Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Tugas Berat di Kementerian Kominfo

Dalam kesempatan tersebut, Angga Raka Prabowo dilantik sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) untuk membantu Menkominfo, Budi Arie Setiadi, dalam mengemban tugas berat di kementerian tersebut. Budi Arie menekankan pentingnya segera menyelesaikan sejumlah tugas prioritas, antara lain:

- Penyusunan aturan turunan dan kelembagaan untuk pelaksanaan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi.
- Percepatan pemberantasan judi online.
- Perbaikan arsitektur dan tata kelola data nasional.
- Pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) untuk pelayanan publik.

Pembentukan Badan Gizi Nasional

Salah satu lembaga baru yang dibentuk oleh Presiden Jokowi adalah Badan Gizi Nasional. Lembaga ini didirikan melalui Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2024 yang ditandatangani pada 15 Agustus 2024. Badan Gizi Nasional dipimpin oleh Prof. Dadan Hindayana, yang bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan dan mengawasi kebijakan gizi nasional.

Kantor Komunikasi Kepresidenan

Selain itu, Jokowi juga menetapkan pembentukan Kantor Komunikasi Kepresidenan melalui Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2024. Hasan Nasbi dilantik sebagai Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, lembaga nonstruktural yang bertugas melaksanakan komunikasi dan informasi kebijakan strategis serta program prioritas Presiden.

Taruna Ikrar sebagai Kepala BPOM

Taruna Ikrar resmi dilantik sebagai Kepala BPOM, menggantikan Penny K. Lukito yang mengakhiri masa jabatannya pada November 2023. Sebelumnya, posisi ini diisi oleh Rizka Andalusia sebagai pelaksana tugas. Taruna diharapkan mampu menjaga dan meningkatkan standar keamanan produk obat dan makanan di Indonesia.

Pelantikan ini menegaskan komitmen Presiden Jokowi untuk terus melakukan penyegaran di dalam tubuh pemerintahan, demi memastikan pelaksanaan tugas-tugas strategis berjalan dengan optimal.



• Rls/Red

0 Komentar

© Copyright 2022 - THE KARAWANG POST