Kemarau Panjang Ancam Pasokan Air Bersih, Brimob NTB Turun Tangan Bantu Warga Sumbawa Barat


Foto : Personil Brimob saat menyalurkan air bersih untuk warga yang menderita kekurangan air bersih 


The Karawang Post - Sumbawa |  Kemarau panjang yang melanda sebagian wilayah Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), telah menyebabkan warga mengalami kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Menyikapi situasi ini, personil Kompi 2 Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda NTB, yang dipimpin oleh Danki 2 AKP Nurdin, S.A.P., M.M., menyalurkan bantuan air bersih kepada masyarakat Desa Sagena, Desa Kiantar, Kecamatan Poto Tano, menggunakan kendaraan Armored Water Canon (AWC).

Wakil Komandan Batalyon B Pelopor, AKP Agung Budi Laksono, S.I.K., menjelaskan bahwa personilnya mendapatkan informasi mengenai kondisi kekeringan yang terjadi di Desa Sagena. 

"Kami mendapatkan informasi bahwa Desa Sagena mengalami kekeringan dalam beberapa hari terakhir, sehingga warga sulit mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Setelah laporan ini kami sampaikan kepada pimpinan, kami segera menurunkan satu unit Armored Water Canon (AWC) untuk membantu warga," ujarnya.

Di lokasi distribusi air bersih, warga telah menyiapkan berbagai wadah penampungan air seperti jerigen, ember, dan wadah lainnya untuk menampung pasokan air yang diberikan.

Komandan Satuan Brimob Polda NTB, Kombes Pol Komaruz Zaman, S.I.K., M.H., mengungkapkan bahwa dampak kemarau panjang tidak hanya dirasakan di Kabupaten Sumbawa Barat, tetapi juga di beberapa wilayah lain di NTB, yang menyebabkan kekeringan dan kekurangan air bersih. 

"Kami mengerahkan personil di jajaran Satuan Brimob Polda NTB untuk membantu daerah-daerah yang terdampak kemarau dengan membagikan air bersih, seperti yang dilakukan di Kabupaten Sumbawa Barat ini," jelasnya.

Kombes Pol Komaruz Zaman menegaskan bahwa membantu masyarakat mendapatkan pasokan air bersih merupakan bagian dari tugas dan tanggung jawab Brimob.

 "Kami sangat senang bisa membantu masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat. Kami berharap bantuan air bersih ini dapat bermanfaat bagi warga yang membutuhkan, ini juga merupakan bentuk kepedulian kami kepada sesama," tambahnya.

Sementara itu, salah satu warga Desa Sagena, Solihin Razak, menyampaikan rasa terima kasihnya atas bantuan air bersih yang diberikan oleh Brimob. 

"Kami sangat berterima kasih dan senang mendapat bantuan air bersih dari Brimob Kompi 2 Batalyon B Pelopor. Ini sangat membantu kami dalam memenuhi kebutuhan air sehari-hari," ungkapnya.

Solihin juga menambahkan bahwa kehadiran Brimob yang menyalurkan air bersih tersebut memberikan kebahagiaan tersendiri bagi masyarakat yang terdampak kekeringan.

Dengan slogan *Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan, Brimob untuk Nusa dan Bangsa*, Brimob Polda NTB terus berkomitmen untuk melayani masyarakat, terutama dalam kondisi-kondisi yang membutuhkan bantuan kemanusiaan.


• Rls/NM

0 Komentar

© Copyright 2022 - THE KARAWANG POST