Upaya Bersama Berantas TB, Dinas Kesehatan Deli Serdang Gelar Sosialisasi dan Pengobatan Massal


Foto : sosialisasi dan pengobatan penyakit Tuberkulosis (TB) di pendopo P3UD, Jalan Medan-Tebing Tinggi, Tanjung Morawa.


The Karawang Post - Deli Serdang |  Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang bekerja sama dengan USAID-Bebas TB dan Yayasan Mentari Meraki Asa (YAMMA) menggelar acara sosialisasi dan pengobatan penyakit Tuberkulosis (TB) di pendopo P3UD, Jalan Medan-Tebing Tinggi, Tanjung Morawa. Acara ini merupakan langkah konkret dalam upaya memberantas TB di wilayah tersebut, Pada Jumat, 26 Juli 2024.

Kepala Dinas Kesehatan Deli Serdang, dr. Asri Ludin Tambunan, menyampaikan bahwa Kabupaten Deli Serdang masih menghadapi risiko tinggi penyebaran TB. Oleh karena itu, Dinas Kesehatan harus bekerja lebih keras dan melibatkan berbagai pemangku kepentingan yang peduli dengan kesehatan masyarakat.

"Seluruh masyarakat Deli Serdang diharapkan untuk lebih peduli terhadap kesehatan diri sendiri, karena TB adalah penyakit menular melalui pernapasan. Penyakit ini sekarang sudah lebih mudah diobati asal pengobatannya dilakukan secara kontinyu tanpa terputus sampai dinyatakan negatif melalui pemeriksaan laboratorium," ungkap dr. Asri Ludin Tambunan.

Kapus Tanjung Morawa Kota, drg. Sri Astuti Hayani, menyampaikan bahwa target pemeriksaan pada acara ini adalah sekitar 200 orang. "Kami akan mendeteksi siapa saja yang terindikasi TB agar langkah perawatan dan pengobatan dapat segera dilakukan," ujarnya.

Perwakilan USAID-Bebas TB, dr. Eva Octavia Karolina Simatupang, berharap kegiatan seperti ini dapat meningkatkan animo masyarakat untuk datang memeriksakan kesehatan mereka guna mendeteksi dini TB. 

Koordinator Yayasan Mentari Meraki Asa (YAMMA), Diah, menegaskan pentingnya kolaborasi dalam memberantas dan memutus mata rantai penularan TB. "Dengan kolaborasi bersama, kita pasti bisa berantas dan tutup mata rantai penularan TB di Deli Serdang. YAMMA dan USAID-Bebas TB akan sepenuhnya mendukung program kesehatan dari bapak dr. Asri Ludin Tambunan," tutupnya.

Acara ini diharapkan dapat menjadi titik awal yang kuat dalam upaya mengurangi angka penderita TB di Kabupaten Deli Serdang dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pemeriksaan kesehatan secara rutin.


Jurnalis : Romson Nainggolan

0 Komentar

© Copyright 2022 - THE KARAWANG POST