Jawa Barat Menuju Swasembada Pangan, Apresiasi Bey Machmudin di Kontes Ternak 2024


Foto : pj gubernur Jawa Barat saat di acara kontes ternak di Lembang Bandung 


The Karawang Post - Lembang |  Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, memberikan apresiasi atas penyelenggaraan Kontes Ternak dan Expo Pangan Tingkat Provinsi Jawa Barat yang digelar di The Landen, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Acara yang berhasil menarik banyak pengunjung ini, menurut Bey, menjadi bukti bahwa Jawa Barat mampu mencapai swasembada pangan, khususnya dalam produksi daging sapi, kambing, ayam, telur, susu, dan produk olahan lainnya.

“Saya sangat mengapresiasi Pak Bupati Bandung Barat yang telah menyiapkan acara ini dengan sangat baik, dihadiri banyak pengunjung. Kontes ini menunjukkan bahwa kita mampu mencapai swasembada pangan,” ujar Bey seusai acara pada Kamis (25/07/2024).

Hadir dalam acara tersebut Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Dida Gardera. Bey menambahkan bahwa dengan pengelolaan yang baik, Jawa Barat bisa mencapai swasembada pangan tidak hanya pada produk hewani, tetapi juga pada komoditas lain seperti beras. “Ke depan, kita bisa lebih baik lagi dalam mengelola sumber daya ini, termasuk beras dan lainnya,” katanya.

Peningkatan swasembada pangan, lanjut Bey, akan berdampak positif pada peningkatan gizi masyarakat dan penurunan angka _stunting_. “Gizi masyarakat akan menjadi lebih baik lagi dan _stunting_ pasti akan bisa ditekan angka-angkanya,” ungkapnya.

Acara kontes ternak tersebut, menurut Bey, juga menunjukkan adanya perputaran ekonomi di masyarakat, terutama karena hewan ternak yang memenangkan kontes mendapatkan harga yang cukup tinggi. “Harga ternak yang cukup tinggi bagi pemenang kontes ini menjadi baik untuk masyarakat karena terjadi perputaran ekonomi,” jelasnya.

Deputi Dida Gardera menyatakan bahwa Jawa Barat menjadi salah satu contoh terbaik dalam pengembangan sektor peternakan. “Bagus sekali, ini bisa menjadi contoh. Untuk sektor pertanian termasuk peternakan, Jawa Barat termasuk yang tertinggi pertumbuhan ekonominya,” kata Dida.

Dida juga yakin, di bawah kepemimpinan Bey Machmudin, Jawa Barat akan lebih berkembang dan maju, serta segera mencapai swasembada pangan dan mampu menyuplai daerah lain. “Saya yakin tidak akan terlalu lama untuk mencapai swasembada pangan dan juga bisa menyuplai daerah lainnya. Saya berharap Jawa Barat bisa menjadi lokomotif bagi daerah lainnya,” pungkas Dida.

Dalam acara tersebut, Bey Machmudin turut memberikan penghargaan dan hadiah kepada para pemenang kontes ternak. Berikut adalah daftar pemenang Kontes Ternak dan Expo Pangan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2024:

1. Kontes Ternak Sapi Perah Usia 10-12 bulan : Kabupaten Bandung Barat
2. Kontes Ternak Sapi Perah Usia 12-18 bulan : Kabupaten Garut
3. Kontes Sapi Perah Sapi Pasundan Usia 18-24 bulan : Kabupaten Garut
4. Kontes Domba Garut Kategori Ratu Bibit : Kabupaten Garut
5. Kontes Domba Garut Kategori Raja Calon Pejantan : Kabupaten Bandung Barat
6. Kontes Domba Garut Kategori Raja Pedaging : Kabupaten Garut
7. Kontes Domba Garut Kategori Petet Jantan : Kabupaten Sumedang
8. Kontes Ayam Sentul Kategori Ratu Bibit 9-12 Bulan : Kabupaten Garut
9. Kontes Ayam Sentul Kategori Raja Pejantan 12-15 Bulan : Kabupaten Ciamis
10. Juara Umum Kontes Ternak Tingkat Provinsi Jawa Barat dengan skor tertinggi : Kabupaten Garut.


Jurnalis : Rls/dispi

0 Komentar

© Copyright 2022 - THE KARAWANG POST