Kesultanan Cirebon, Pentingnya Pelestarian Makam Syeh Quro di Pulobata


Foto : Prabu Dias


The Karawang Post - Karawang |  Prabu Dias dari Kesultanan Cirebon turut menghadiri haul Rd Soemaredja ke-108, yang diselenggarakan pada 22-23 Juni 2024, di makam Syeh Quro Pulobata Karawang.

Haul Rd Soemaredja sekaligus bertujuan untuk  mengingat kembali situs sejarah yang mulai tergerus oleh rumor yang meragukan kebenaran makam Syeh Quro di Pulobata.

Saat ini beredar rumor bahwa makam Syeh Quro berada di lingkungan Masjid Agung Karawang, yang mengaburkan keyakinan masyarakat. Padahal, makam tersebut dilindungi oleh undang-undang dan penelitian oleh ahli sejarah serta kepurbakalaan.

"Prabu Dias dari Kesultanan Cirebon mengatakan, kami dari Kesultanan Cirebon meyakini makam Syeh Quro bertempat di Pulobata Karawang, karena masih ada peninggalan sejarah dan cagar budaya yang berada di Pulobata ini," ucapnya, Minggu (24/6/2024).

Prabu Dias mengajak seluruh masyarakat Karawang, untuk menjaga dan melestarikan adat budaya peninggalan nenek moyang termasuk situs situ cagar budaya yang bersejarah.


Jurnalis : Irfan

0 Komentar

© Copyright 2022 - THE KARAWANG POST