Harganas ke-31 di Karawang, Upaya Bersama Cegah Stunting dan Perkuat Keluarga


Foto : Bupati Karawang saat hadiri 
Hari Keluarga Nasional ke 31 


The Karawang Post - Karawang |  Kabupaten Karawang merayakan Hari Keluarga Nasional ke 31 dengan rangkaian kegiatan yang berlangsung sepanjang bulan Juni 2024. Perayaan Harganas tahun ini dikemas sedemikian rupa agar bisa dirasakan manfaatnya oleh semua pihak. Hal ini sekaligus sebagai upaya Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Karawang mempererat tali silaturahmi antar keluarga, meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan keluarga, serta memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya stunting dan penyebabnya.

Kepala DPPKB Karawang, Sofiah mengatakan, rangkaian Harganas tahun ini dibuka dengan kegiatan Pelayanan KB Satu Juta Akseptor di seluruh puskesmas dan rumah sakit mitra DPPKB Karawang, termasuk khusus pelayanan Metode Operasi Wanita (MOW) di RS Rosela, RSUD Jatisari dun RS Dewi Sri. Selain itu. DPPKB juga berkolaborasi dengan Ikatan Bidan Indonesis (IBT) Kabupaten Karawang untuk mensukseskan pelayanan KB Bhakti IBI.

"Pada moment ini, DPPKB Karawang memberikan Apresiasi bagi Tenaga Lini Lapangan terbaik untuk Kategori Penyuluh KB ASN, PLKB NON ASN, KB Lestari 20 Tahun serta Kader Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP), juga Penghargaan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) dan Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) yang tahun ini mampu menembus level Provinsi dan Nasional, terakhir penghargaan Harganas Content Awards, merupakan Apresiasi dari PODCAST DPPKB terhadap karya-karya konten kreator Media Sosial, baik Internal dan Eksternal DPPKB Karawang," kata Sofiah.

Selain beragam penghargaan. DPPKB Karawang melalui Tenaga Lini Lapangan juga melakukan kegiatan sosial, yakni kolaborasi dengan PMI Karawang untuk kegiatan donor darah, tanggal 19-20 Juni 2024, santunan kepada yatim piatu dan dhuafa, anak Stunting, dan Ibu Hamil Kurang Energi Kronis (KEK), serta memberikan bantuan Telur yang diberikan kepada Keluarga Resiko Stunting (KRS) di wilayah kerja masing-masing.

"PLKB kami berjumlah 280 orang menyisihkan penghasilannya bagi kegiatan Santunan bagi 50 Anak Yatim/Piatu, 20 Anak Stunting dan 10 Ibu Hamil. Selain itu mereka juga menyumbangkan masing- masing 2 kilogram Telur Ayam, yang disalurkan bagi Anak stunting di wilayahnya," ujar Sofiah.

Masih kata Sofiah, sesuai tema Harganas ke 31 kali ini yaitu Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas. Diharapkan seluruh Keluarga di Kabupaten Karawang bisa terbebas dari stunting dan menjadi generasi emas untuk Karawang Maju. Tentu Peran ini tidak hanya dilakukan oleh DPPKB saja, karena DPPKB hanya salah satu saja OPD/Lembaga yang terlibat dalam Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Karawang yang dipimpin Bupati Karawang. H. Aep Syaepudin. TPPS dan semua bagian dari Pentahelix, tidak saja Pemerintah (daerah) namun juga peran swasta, Perguruan Tinggi, Organisasi Masyarakat hingga Media massa harus terlibat dan berkomitmen yang serius guna mewujudkan Karawang zero new stunting.

Terakhir Sofiah berharap, melalui rangkaian kegiatan HARGANAS kali ini, masyarakat Karawang semakin menyadari pentingnya peran keluarga dalam menciptakan generasi yang sehat, cerdas, dan sejahtera.

 "Keluarga adalah pilar utama pembangunan bangsa. Dengan keluarga yang kuat, kita dapa membangun Indonesia yang lebih maju dan sejahtera," ujar Sofiah.


Jurnalis : IRF

0 Komentar

© Copyright 2022 - THE KARAWANG POST