MUI dan Kemenag Gelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pelaksanaan Kurban di Kecamatan Klari Karawang



Foto : sosialisasi dan bimbingan teknis (bimtek) tentang pelaksanaan kurban di tengah kewaspadaan penyakit hewan di kecamatan Klari 


The Karawang Post - Karawang|  Menjelang Hari Raya Idul Adha, Kementerian Pertanian berkolaborasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Klari menggelar sosialisasi dan bimbingan teknis (bimtek) tentang pelaksanaan kurban di tengah kewaspadaan penyakit hewan. Acara ini berlangsung di aula kantor Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang.

Sosialisasi ini menghadirkan narasumber seperti KH Acon Basoni S.Pd dan KH Asep Saepudin, pimpinan dari Pondok Pesantren Khoirul Hikmah, serta Kepala UPTD Pertanian Drh. Ugih Sudiarto. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Kecamatan Klari Panji Santoso SE, Sekretaris Camat Muhammad Reza Darmawan, dan Kasie Kesejahteraan Sosial Firman Umbara, serta pengurus MUI tingkat kecamatan dan desa se-Kecamatan Klari.

"Kegiatan ini bertujuan agar pengurus masjid dan mushala di Kecamatan Klari dapat menyelenggarakan pemotongan hewan kurban secara Halalan dan Thoyyiban," ujar KH Acon saat diwawancarai The Karawang Post usai kegiatan.

Ia berharap, setelah pelatihan ini, para pemotong hewan kurban dapat lebih memperhatikan kesempurnaan syar’i dalam penyembelihan, sehingga hewan yang dipotong menjadi halal dan baik.

 "Mudah-mudahan apa yang kami informasikan dalam pelatihan ini dapat diimplementasikan oleh masyarakat dalam proses penyembelihan hewan sesuai dengan tuntunan Islam," tambahnya.

Camat Klari, Panji Santoso, memberikan apresiasi kepada MUI Kecamatan Klari yang telah menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis ini.

 "Kami sangat mendukung kegiatan ini, dan bahkan jika memungkinkan, kegiatan seperti ini dapat diselenggarakan setiap tahun.
Sehingga masyarakat tidak salah dalam menyelenggarakan pemotongan hewan qurban maupun hewan ternak potong yang dijual oleh masyarakat kita," ucapnya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para pengurus masjid dan mushala di Kecamatan Klari dapat lebih siap dan memahami proses penyembelihan hewan kurban sesuai dengan syariat Islam, sehingga pelaksanaan kurban dapat berjalan dengan baik dan lancar.


• Oya

0 Komentar

© Copyright 2022 - THE KARAWANG POST